Jumat, 24 Januari 2014

MODALITAS BELAJAR SISWA DAN STRATEGI MENGAJARNYA (bagian 1)



MODALITAS BELAJAR

A.   MODALITAS BELAJAR
Modalitas belajar adalah cara tercepat otak menyerap informasi, berinteraksi dan berkomunikasi. 


B.   MACAM-MACAM MODALITAS BELAJAR
Ada 3 macam modalitas belajar yaitu: 
  • VISUAL (V)
  • AUDITORIAL (A)
  • KINESTETIK (K)
Masing-masing memiliki ciri khusus yang dapat dipakai untuk pertimbangan dalam menentukan strategi mengajar.

a.      VISUAL (V) 
a.     CIRI-CIRI MODALITAS VISUAL (V) 
·         Rapi dan teratur.
·         Berbicara dengan cepat.
·         Teliti terhadap detail.
·         Mementingkan penampilan.
·         Mengingat apa yang dilhat daripada yang didengar.
·         Mengingat dengan asosiasi visual.
·         Biasanya tidak terganggu dengan keributan. 

·         Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal, kecuali ditulis.
·         Pembaca yang tekun dan cepat.
·   Mencoret-coret tanpa arti selama berbicara di telpon atau ketika mengikuti pelajaran.
·         Sering menjawab pertanyaaan dengan jawaban singkat “ya atau tidak”.
·         Lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato.
·         Lebih suka seni daripada musik.
·   Seringkali tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai memilih kata-kata.
·         Kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika ingin memperhatikan.


b.     STRATEGI MENGAJAR SISWA VISUAL (V)
· Gunakan kertas dengan tulisan berwarna daripada papan tulis. Tempelkan/gantungkan informasi penting di sekeliling ruang kelas dan rujuklah saat menyajikan pelajaran.
·  Doronglah siswa menggambarkan informasi dengan menggunakan peta, diagram, dan warna. Gunakan stabilo untuk menandai konsep kunci. Ajaklah siswa membuat Mind Mapping (Peta Pikiran).
·         Ciptakan simbol visual yang mewakili konsep kunci.
·         Berilah kode warna untuk bahan pelajaran dan perlengkapan belajar.
·  Berdiri tenang saat menyajikan segmen informasi, bergeraklah diantara segmen.
 




DAFTAR PUSTAKA



De Porter, Bobbi (1999), Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, alih bahasa Ary Nilandary, Kaifa, Bandung.
De Porter, Bobbi (1992), Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, alih bahasa Alwiyah Abdurrahman, Kaifa, Bandung.
Konsorsium Pendidikan Islam, Kiat Mengajar dengan Quantum Teaching, KPI, Surabaya.
PIKMI, Pelatihan Smart Teaching Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Berbasis Karakter, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, Tuban.







 







0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design